Jumat, 03 Oktober 2014

ulangan harian

Jokowi Jangan Habiskan Energi ke KMP, Ada Rakyat yang Pasang Badan

 Sabtu, 04/10/2014 10:40 WIB
Jakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) menguasai kursi parlemen. Tentu ini bisa menjadi batu sandungan bagi pemerintahan Jokowi-JK nanti.

Pengamat politik UGM, Arie Sudjito, presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) tak perlu resah. Meski jumlah partai di kubunya jauh lebih kecil dibanding KMP, namun Jokowi memiliki dukungan kuat dari masyarakat yang memilihnya.

"Menurutku Jokowi nggak usah terlalu menghabiskan energinya ke situ (KMP di DPR). Jokowi ini koalisinya dengan rakyat," kata Arie saat berbincang, Jumat (3/10/2014).

Dia mengatakan, rakyat kini sudah melek dan kritis terhadap segala tindak tanduk wakil rakyatnya. Bila nanti DPR merecoki atau menghambat kerja pemerintah, rakyat tidak segan-segan pasang badan melawan dewan.

"Kalau diblokade terus ini nanti rakyat yang akan melawan terhadap perilaku oligarki di parlemen. Kalau diganggu terus rakyat yang maju," lanjutnya.

Secara matematik kekuatan kubu Koalisi Indonesia Hebat yang mengusung Jokowi-JK di DPR kalah oleh Koalisi Merah Putih.
Saat ini kekuatan Koalisi Merah Putih yang mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menguasai separuh lebih di parlemen, yakni 352 kursi. Terdiri dari Golkar (91 kursi), Gerindra (73), PKS (40), PPP (39), PAN (48), dan Demokrat (61).

Sementara Koalisi Indonesia Hebat yang mengusung Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla hanya menguasai 208 kursi yang terdiri dari PDIP (109), PKB (47), NasDem (36), dan Hanura (16). Walhasil empat kali 'pertarungan' di DPR, Koalisi Indonesia Hebat kalah telak dari Koalisi Merah Putih.

Kubu Jokowi-JK tak gentar meski 'dikepung' barisan Koalisi Merah Putih di Dewan Perwakilan Rakyat. Sebab kubu ini punya resep rahasia.

Mantan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK Andi Widjajanto membeberkan rahasia tersebut. Menurut Andi selama ini memang kubu tak hanya mengandalkan kekuatan di parlemen yang didukung oleh empat fraksi yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai NasDem, Fraksi Hanura, dan Fraksi PKB.

Namun ada komponen lain yang mendukung Jokowi-JK yakni kekuatan relawan, profesional dan birokrasi. "Kalau teman-teman koalisi lain ingin bergabung memperkuat pemerintahan Jokowi-JK untuk parlemen maupun eksekutif, itu bonus. Tetapi strategi dasar sudah ditopang empat kekuatan itu," kata Andi kepada wartawan di sela menghadiri menghadiri kasus HAM di kantor GP Ansor, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (3/10) siang.
OPINI

          Menurut saya jokowi-jk tak pertu banyak memikirkan banyak masalah terlebih dahulu dan jokowi-jk harus memikirkan jabatan-nya yang akan dilakukannya sebagai presiden dan wakil presiden.
          Pemerintahan indonesia sangat membutuhkan pemimpin seperti jokowi untuk mengubah masa depan indonesia menjadi lebih baik dengan pemerintahan baru jokowi-jk.
        pertanyaan saya mengapa jokowi perlumengubah indonesia menjadi lebih baik.
karena presiden indonesia (SBY) belum mampu mengubah republik indonesia menjadi lebih baik. jadi kita berharap jokowi sebagai presiden republik indonesia di masa yang akan datang mampu mengubah indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar